Berita Acara Inventarisasi Desa: Pentingnya Pencatatan & Pelaporan Aset Desa
Cikupa.id - saat ini anda sedang mencari seperti apa sih contoh Berita Acara Inventarisasi Desa dalam pelaporan aset desa, yup anda sudah tepat mencarinya disini. Selain itupula anda bakal mendapatkan file yang dapat diunduhh secara gratis.
Berita Acara Inventarisasi Desa: Pentingnya Pencatatan & Pelaporan Aset Desa |
Aset desa adalah merupakan keseluruhan jenis barang atau
benda yang di miliki oleh pihak desa, baik yang berasal dari kekayaan asli desa
maupun kekayaan yang diperoleh dari hasil usaha atau kegiatan desa. Aset desa
dapat berupa tanah, bangunan, peralatan, perlengkapan, dan lain sebagainya.
Adapaun untuk pencatatan dan pelaporan aset desa salahsatu hal
yang penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jumlah,
kondisi, dan nilai aset desa secara akurat. Selain itu, pencatatan dan
pelaporan aset desa juga dapat digunakan untuk mengetahui potensi dan kebutuhan
desa dalam pembangunan.
Berita acara inventarisasi desa atau BA adalah merupakan
dokumen yang digunakan untuk mencatat hasil inventarisasi aset desa. Berita
acara ini harus dibuat secara lengkap dan benar agar dapat menjadi dasar untuk
pencatatan dan pelaporan aset desa.
Berita acara (BA) inventarisasi desa harus memuat informasi-informasi berikut:
- Nama desa
- Tanggal pelaksanaan inventarisasi
- Nama-nama anggota tim inventarisasi
- Hasil inventarisasi, meliputi:
- Jenis aset
- Jumlah aset
- Kondisi aset
- Nilai aset
- Tanda tangan tim inventarisasi
Berita acara inventarisasi desa semestinya pula
ditandatangani oleh seluruh anggota tim inventarisasi. Hal ini untuk menjamin
keabsahan dan kebenaran berita acara tersebut.
Berikut ini merupakan cara menyusun dan memba\uat berita acara inventarisasi desa:
- Siapkan data-data yang diperlukan, seperti daftar aset desa, hasil pendataan aset desa, dan lain sebagainya.
- Buatlah format berita acara inventarisasi desa.
- Isi berita acara inventarisasi desa dengan data-data yang telah disiapkan.
- Mintalah tanda tangan dari seluruh anggota tim inventarisasi.
Berita acara inventarisasi desa harus disimpan dengan baik
agar dapat dipergunakan sewaktu-waktu. Berita acara ini dapat disimpan di
kantor desa atau di tempat lain yang aman.
Pencatatan dan pelaporan aset desa merupakan tanggung jawab pemerintah desa. Pemerintah desa harus memastikan bahwa semua aset desa telah tercatat dan dilaporkan secara akurat. Hal ini penting untuk dilakukan agar pengelolaan aset desa dapat berjalan dengan baik.
Contoh Berita acara inventarisasi desa atau BA >>>>DISINI
KOP DESA |
PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN
contoh KECAMATAN conoth KANTOR
DESA CONTOH Alamat
: Jl. contoh-Conoth Kode POS : 46186 |
SURAT PERNYATAAN
Saya yang bertanda tangan di bawah
ini :
Nama : CONTOH
Tempat, Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 19-09-1970
Jabatan : Kepala Desa
Periode : 2021 - 2027
Alamat : Kp CONTOH RT 00 RW 00
Desa CONTOH Kecamatan CONTOH Kab.CONTOH
Dengan ini menyatakan bahwa telah dilakukan inventarisasi aset
Pemerintah Desa CONTOH sesuai dengan surat penugasan SK TIM
Inventrasasi Aset Desa Nomor 08 tentang Pembentukan Tim Inventarisasi Aset Desa Tanggal
20 Februari 2023, dengan hasil inventarisasi aset desa
berupa tanah, kendaraan bermotor, peralatan dan mesin, bangunan, jalan, irigasi
jaringan dan saya menyatakan kebenaran dari hasil inventarisasi tersebut dan
dapat dipertanggungjawabkan.
Demikian surat pernyataan kebenaran hasil inventarisasi aset desa ini
saya buat dengan sebenar-benarnya dengan kesadaran tanpa paksaan dari pihak
manapun. Apabila dikemudian hari diketemukan ketidakbenaran dalam pernyatan
saya, maka saya bersedia mengganti aset desa milik Pemerintah Desa CONTOH dan bersedia berangungjawab sesuai ketentuan peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
CONTOH, 25 September 2023
Kepala Desa CONTOH,
materai 10 ribu
INI CONTOH
Info lebih lanjut di GNews Cikupa.id https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPSDpgwwhvy0BA