9 Isi Pakta Integritas SOTK Desa

Cikupa.id - Sudah tahukah anda sekarang ada 9 Isi Pakta Integritas SOTK Desa yang mesti ditandatangani oleh perangkat desa, namun sebelum itu, kita intip dahulu seperti apa isinya itu. Yuk simak dipostingan ini sampai dengan selesai, dan mudah-mudahan dipahaminya.

9 Isi Pakta Integritas SOTK Desa
Isi Pakta Integritas SOTK Desa

Pakta Integritas SOTK Desa adalah merupakan isinya surat pernyataan atau janji pribadi tentang kesanggupan dalam melaksanakan seluruh tupoksi serta, tanggung jawab, wewenang dan peran sebagai pemerintah Desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa dan Perangkat Desa/SOTK Desa perlu dibuatkan oleh seluruh jajaran pemerintah Desa baik kepala Desa, sekretaris Desa, Perangkat Desa, ataupun Staf Desa. Hal ini penting sebagai pernyatan maupun perjanjian diri sendiri terhadap hal hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang akan dihadapi.

Walopun ketika proses penjaringan dan penyaringan perangkat Desa, Pakta Integritas ini perlu dibuat untuk memastikan kesediaannya dalam menajalankan tugas dan wewenang sebagai perangkat Desa.

Kemudian apa saja isi Pakta Integritas SOTK Desa, yuk simak diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ikut serta dalam upaya mencegah korupsi, kolusi dan nepotisme serta tidak melakukan perbuatan tercela.
  2. Tidak meminta atau menerima suap, gratifikasi atau bentuk lainnya yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.
  3. Bersikap jujur, transparan dan akuntabel dalam menjalankan tugas.
  4. Menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas.
  5. Memberikan contoh pelaksanaan kinerja berdasarkan peraturan perundang-undangan kepada bawahan.
  6. Menyampaikan penyimpangan integritas di instansi terkait dan menjaga kerahasiaan saksi.
  7. Apabila melanggar, maka akan menerima konsekuensi hukum.

Perjanjian Isi Pakta Integritas SOTK Desa nantinya ditandatangani masing masing, dapat diperlukan untuk menjamin jajaran pemerintah Desa menjalankan kewajibannya sesuai dengan tugas, pokok, dan fungsi yang ada dimasing-masing individu seprti hal ini tersebut diatas.

ISI PAKTA INTEGRITAS SOTK DESA

Tidak ada komentar untuk "9 Isi Pakta Integritas SOTK Desa"

Milangkala Ka-53 Cikupa